LAPORAN KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
PUSTEKKOM
(PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN)
JL. RE Martadinata KM 15,5,Ciputat, kotaTangerangselatan ,Banten15411



DI SUSUN OLEH :
NAMA : MUHAMMAD RIFAI
KELAS            : XII RPL 1
NO : 14


PROGRAM KEAHLIAN Rekayasa Perangkat Lunak
SMK muhammadiyah 04 boyolali
JL.Kenanga no.04 BOYOLALI
TAHUN 2019


Kata Pengantar

        AssalamualaikumWr.Wb

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmad dan hidayah-Nya kepada kami, sehingga dalam penyususnan karya ini mengenai laporan Kunjungan Industri di Pustekkom.
Penulis menyadari bahwa penulisan dan pembuatan laporan kunjungan industry ini tak lepas dari peran dahsyat orang-orang yang membantu dalam proses pembuatannya. Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada:
1.     Untuk Melaksanakan Kunjungan Industri.
2.     Bapak Marianto Selaku Penanggung jawab Dari Kegiatan Kunjungan Industri.
3.     Bapak Agus Purwadi Selaku Kapro Jurusan RPL.
4.     Ibu Isti Hidayati SPd Selaku Walikelas XII RPL 1.
5.      Pihak-pihak yang tidak dapat kami sebutkan, terima kasih atas bantuan dan do’a restu yang berhubungan dengan kegiatan Kunjungan Industri.
Penulis sadar bahwa laporan ini masih jauh dari “Kesempurnaan”, sehingga masukan dan saran sangat penulis harapkan. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak-pihak yang mungkin tidak tercantum yang telah banyak membantu dalam proses penyelesaian Laporan ini.
Sampai di sini, Semoga laporan ini dapat bermanfaat dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

WassalamualaikumWr.Wb
         


Boyolali,     Juli 2019
Penulis,




Muhammad Rifai



DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.1   LATAR BELAKANG
1.2   TUJUAN KUNJUNGAN INDUSTRI
1.3   MANFAAT KUNJUNGAN INUSTRI
BAB II HASIL KUNJUNGAN INDUSTRI
2.1. Pustekkom
2.1.1 PROFIL
2.1.2 VISI DAN MISI
2.1.3 Produk dan layanan
2.1.4 HARAPAN KEDEPAN
2.2. KUNJUNGAN WISATA
BAB III PENUTUP
a.   KESIMPULAN
b.   SARAN



BAB. I
PENDAHULUAN.

1.1   Latar Belakang Kunjungan Industri.
Seiring pesatnya perkembangan teknologi, dunia pendidikan dituntut untuk lebih menyongsong era globalisasi. Dalam usaha peningkatan mutu pendidikan tersebut maka ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sangat diperlukan untuk menunjang prestosi siswa. Ilmu yang di dapat dalam bangku sekolah dirasakan masih kurang sehingga di perlukan sebuah kunjungan keperusahaan / industri yang bias membantu kami dan bisa kami jadikan perbandingan ketika kami menerima pelajaran di sekolah. Melihat kenyataan yang terjadi di lapangan inilah yang menyebabkan siswa siswi SMK MUHAMMADIYAH 04 Boyolali mengadakan Kunjungan Industri.
Kunjungan industry dipilih untuk memperkenalkan Teknologi masa kini. Siswa di tuntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan industry untuk memperoleh pengetahuan tentang Teknologi masa kini yang ada di PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN . Kunjungan industry dilakukan untuk memberikan gambaran kepada siswa tentang Teknologi dan jaringan cukup asing bagi saya pribadi agar siswa dapat membandingkan antara pembelajaran di sekolah dengan ilmu yang di peroleh di sekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang diperoleh selama kunjungan industri di perusahaan yang bersangkutan.



1.2   TujuanKunjunganIndustri
Ada Beberapa tujuan dalam kegiatan kunjungan industri, Antara lain:
a.      Memperluas wawasan siswa / siswi.
b.      Mendorong siswa agar berminat aktif belajar.
c.      Memberi informasi kepada siswa tentang cara mengoperasikan aplikasi presentasi.
d.      Melengkapi persyaratan mendapatkan nilai kenaikan kelas.
1.3   ManfaatKunjunganIndustri.

Kunjungan industry diharapkan dapat memiliki manfaat bagi siswa diantaranya siswa dapat mengetahui dan lebih mengerti tentang teknologi, dapat mengetahui macam-macam aplikasi yang masih asing bagi kami dan dapat mengetahui bagaimana mengedit video untuk presentasi .


BAB. II
HASIL KUNJUNGAN INDUSTRI


2.1. Pustekkom
2.1.1  PROFILPustekkom
Pustekkom didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1978 tertanggal 31 Agustus 1978 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0145/O/1979 tertanggal 30 Juni 1979 yang diperbaharui dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0222g/O/1980.

Dan kini Pustekkom mengelola JARDIKNAS yaitu Jaringan Pendidikan Nasional, yang menjadi Jembatan Informasi Digital Dunia Pendidikan. Pustekkom adalah salah satu unit kerja atau lembaga di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Model kegiatan pembelajaran berikutnya yang dikembangkan

Pustekkom adalah  yang memanfaatkan media internet. Melalui website yang dikembangkan Pustekkom,  berbagai materi pelajaran dapat diakses oleh peserta didik atau masyarakat luas pada umumnya. Tidak hanya materi pelajaran yang tersedia, tetapi tersedia juga informasi tentang kebijakan pendidikan, pengetahuan ilmiah populer, pokok-pokok materi pelajaran, bimbingan belajar online, dan bank soal.
  21.2   VISI  DAN MISI Pustekkom
Pustekkom adalah salah satu unit kerja / lembaga di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Model kegiatan pembelajaran berikutnya yang di kembangkan Pustekkom yaitu  yang memanfaatkan media internet.


VISI
Lembaga unggulan pada bidang teknologi informasi dan komunikasi pendidikan.
MISI
Memecahkan masalah pendidikan melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi. Meningkatkan kualitas SDM melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.

2.1.3  PRODUK DAN LAYANAN
1)          RUMAH BELAJAR
2)          TELEVISI EDUKASI
3)          VIDIO PEMBELAJARAN
4)          RADIO SUARA EDUKASI
5)          RADIO EDUKASI YOGYAKARTA
6)          MOBILE EDUKASI
7)          RADIO SEKOLAH ELEKTRONIK
8)          SELI
9)          SOLMET
2.1.4  HARAPAN KEDEPAN
1)          Semoga pustekkom semakin meningkatkan layanan pembelajaranya.
2)          Semoga pustekkom semakin maju dan berkembang.
3)          Semoga pustekkom indonesia semakin  meningkatkan pembelajaran seperti negara lainya
2.2. KUNJUNGAN WISATA
Tepat pada Tgl 24 Juli 2019, kami berangkat jam 01.00 siang pemberangkatan kunjungan wisata dan kunjungan industri, dari jurusan RPL mendapat bus 7 perjalanan pun di mulai, hanya butuh waktu singkat akhirnya kami tiba di daerah Jakarta Selatan. Disana kami. Beristirahat sejenak lalu bersiap-siap untuk berangkat ke PUSTEKKOM.
 Setelah itu perjalanan pun dilanjutkan sekitar jam 07.00 kami pun tidur nyenyak di dalam bus dengan hiburan musik yang terus diputar, Beberapa  kali bus berhenti di pombensin tapi banyak  yang tak menghiraukan dan tetap tidur selayaknya dirumah.
Perjalanan ketempat kunjungan industri, lama sekali kami berada di bus karna pemandu wisata kami agak kebingungan dimana tempat Kami.  Setelah bertanya-tanya akhirnya kita sampai di tempat yang hijau, sejuk tapi ternyata kita salah tempat KI kita bukan di situ akhirnya pemandu wisata kami menelpon beberapa guru kami yang ada di Pustekkom dan akhirnya pun kami sampai di Pustekkom.
Setelah dari pustekkom kami melanjutkan perjalanan ke Cibaduyut untuk membeli oleh-oleh dan beristirahat sejenak.setelah itu kami menuju ke SERENA hotel yang ada di bandung untuk makan malam dan menginap untuk malam ini.
Pagi ini pun tiba kami bersiap–siap untuk perjalanan selanjutnya, kami pun menuju ke Floathing Market Lembang. Siang tepat pukul 11.00 kami berangkat menuju Sari Ater untuk refrashing, disana mengistirahatkan badan sambil merendam kaki di air panas.

Setelah dari Sari Ater kami menuju ke Pusat Oleh-oleh Parayangan dan disana kami membeli beberapa oleh-oleh. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan untuk pulang ke Boyolali. Tepatnya pada jam 03.00 kami sampai di sekolahan.


BAB. III
PENUTUP.

A.   Kesimpulan.
Ternyata perkembangan teknologi informasi sangat pesat, buktinya aplikasi sekarang sudah lebih canggih dari yang ku banyangkan sebelumnya, dan layanan internet sekarang sudah beraneka ragam. Bahkan sekarang pun guru dapat menyampaikanm pembelajaran yg mudah melalui aplikasi presentasi yang canggih.
B.   Saran.
1.     sebelum melakukan kunjungan industri sebaiknya melakukan berbagai persiapan: misalkan pertanyaan yang kompeten, kenapa pertanyaan yang kompeten karna siswa dituntut untuk menggali informasi saat melakukan kunjungan.
2.     Harus menjaga komunikasi yang baik antara pihak sekolah maupun pihak industri agar dapat menjaga citra baik dari sekolah maupun pihak industri.



Foto kagiatan kunjungan industri


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengevaluasi Pengamanan Sistem Basis Data Pada RDBMS

penerapan pengendalian server melalui koneksi client server pada rdbms

Menerapkan replikasi basis data